JavaScript is required to view this page. BUAT Banner DIMENSI

BUAT Banner DIMENSI

Mumpung lagi mud dan kebetulan ini hari libur dan nggak ada kegiatan. Aku kasih trik membuat banner animasi pada applikasi Gimp. Ini trik sederhana dan pada umumnya trik ini dapat dibuat dengan cara menyisipkan source code java script atau membuat manual disalah satu applikasi banner dimensi. Disini kita bahas cara membuat banner dimensi secara manual melalui sebuah applikasi.

1.Bukalah applikasi Gimp
2.Pada jendela toolbox, buka file New
3.Pada jendela “Create a new Layer ”, pilihlah jenis template “Web banner common 468x60” dan dibawahnya pada bagian advance option- fill with, pilih “Transparancy” lalu klik OK.
4.Selanjutnya, kita akan mengisi warna background pada bidang kosong tersebut. Pada jendela toolbox, pilih bucket fill tool, dengan pilihan warna sesuai dengan keinginan anda.
5.Kembali pada jendela gambar, isilah bidang kosong tadi dengan pilihan warna sesuai selera dan daya imajinasi anda.
6.Setelah mengisi background warna, selanjutnya tambahkanlah katakata atau kalimat. Pada jendela toolbox, pilih text dengan jenis font, size dan warna sesuai pilihan anda.
7.Pada jendela gambar, ketikanlah kata-kata atau kalimat menurut keinginan anda. Misalnya, dalam contoh Tapin Illusion seperti gambar dibawah ini.


8.Dalam pengeditaan, jika anda merasa posisi kata-kata anda kurang pas, anda dapat mengaturnya dengan fungsi Move Tool dengan pilihan toogle (Shift) “Move The Active layer”.
9.Geser dan atur posisi kata-kata anda sesuai dengan imajinasi anda.
10. Sekarang lihatlah jendela layer, dimana disitu terdapat layer
background dan layer kata-kata.

11.Satukanlah kedua layar tersebut menjadi satu layer. Caranya, klik kanan layar kata-kata, lalu milih “marge Down”. Setelah itu, tampilan layer akan menyisahkan satu layer.
12.Sampai sini, kita sudah membuat satu bagian animasi. Sekarang kita buat annimasi selanjutnya, masih dalam jendela layer yang sama buatlah layer baru dengan cara klik kanan, pilih new layer.
13.Aturlah konfigurasi tampilan pada jendela gambar, dengan mengatur icon visual pada jendela layer seperti layer teratas layer baru, dan aturlah hingga layer atas yang memiliki icon mata.
14.Buatlah animasi selanjutnya dengan mengulang langkah 4 sampai dengan 11.
15.Jika telah berhasil membuat animasi pada bagian animasi kedua, buatlah lagi bagian animasi terakhir. Pada jendela layer, tambahkanlah kembali satu layer, dan atur posisi sorot dan icon visual.
16.Ulangi kembali langkah 4 sampai 11 untuk membuat kalimat baru.
17.Jika telah berhasil membuat tiga bagian animasi selanjutnya, kita akan mengoptimalisasi ukuran file dan kualitas file animasi. Pada jendela gambar, klik filter, animation, optimize for gif. Lantas etelah itu akan timbul jendela layer yang baru. Dan fokuslah pada jendela baru ini.
18.Pad ajendela yang baru, simpanlah animasi anda dan berikan nama animasi dengan ekstensi format GIF.
19.Pada kotak dialog yang muncul pilih “Save as Animation” lalu klik export.
20.Pada kotak dialog selanjutnya, pilih durasi waktu animasi 2000 milisecond dan atur pilihan animasi gif option. Lalu save.
21.Selesai sudah membuat animasi.
StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar: