JavaScript is required to view this page. Facebook

Facebook

Facebook adalah fitur jejaring sosial yang saat ini sedang membomming digunakan oleh pengguna Internet di dunia. Facebook yang memiliki jutaan member yang tersebar diseluruh dunia. Facebook diluncurkan pada tanggal 4 Febuari 2004 diciptakan oleh programer handal muda dan inovatif bernama Mark Elliot Zuckerberg dibantu Dustin Moskovits, Chris Hughes. Dana yang dibutuhkan membuat sistem Facebook dibantu Eduardo Saverin. Pada Sebtember 2006 facebook mampu meminkat pengguna Internet di Amerika Serikat dan memiliki rating peringkat ke-60 dari situs yang paling banyak dikunjungi. Namun setelah kurun waktu 1 tahun facebook menduduki peringkat ke-7 dari situs paling banyak dikunjungi. Di Indonesia sudah banyak orang yang sudah memiliki account di facebook. Para pengguna user jejaring sosial lainnya seperti friendster banyak sekali yang imigrasi dari friendster ke jejeraing sosial yang lagi ngetrend saat ini yakni Facebook atau yang di kerap disebut FB.

Proses Pendaftaran


Di Facebook mendaftar menjadi member dan mendapatkan account tidak memerlukan proses yang rumit dan juga sifatnya yang user interface. Apalagi didukung dengan fitur bahasa Indonesia sehingga user yang belum begitu familiar dengan bahasa inggris dapat pula menggunakannya.

Komentar


Pengguna FB dapat melihat aktivitas pengguna facebook lainnya dengan tanpa membuka profil dengan fitur News Feed atau Live Feed. Dan bisa memberi komentar pada status tersebut tanpa harus membuka profil user pengguna FB.

Message


Fitur lainnya adalah fitur pengiriman pesan, fitur tersebut adalah fitur pengirim pesan yang bersifat rahasia atau yang bersifat publikasi.

Game


Facebook memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk media penghibur. Salah satunya yakni FB dilengkapi dengan beberapa applikasi game yang dapat dimainkan langsung di FB untuk semua pengguna FB.

Bandwith


Memerlukan sedikit waktu untuk membuka Facebook, dikarenakan facebook menggunakan bandwith yang tidaklah besar.

Foto


Didalam FB, pastinya anda memerlukan sebuah foto sebagai wadah momment atau profil yang anda miliki. Di FB , fasilitas album foto tersedia yang dapat disharing ke sesama pengguna FB lainnya. Anda bisa menguploud foto di FB maksimal hanya 5 MB dengan ekstensi JPG, PNG dan GIF. Nah, bagi yang memiliki foto yang berukuran besar diatas 5 MB, tentunya ada kiat khusus diantaranya anda harus mengkonvert foto anda terlebih dahulu sebelum diuploud ke FB. Untuk mengkonvert foto, cukup menggunakan microsoft office picture manager, ACDSee, Foto Shop dan lain-lain.


Status


Untuk menulis status pada FB, anda dapat langsung mengisi halaman profil di FB atau dihalaman Home dan status anda pun bisa dikomentari oleh teman anda atau orang yang melihat status anda.

Tampilan


Tampilan pada Facebook umumnya hanya biasa saja, dengan tampilan yang minimalist. Kombinasi background putih dan corak warna birunya sebagai karakter standar FB. Jika anda bosan dengan tampilan ini, anda bisa merubah tampilan background yang ada di FB.


Video


Di FB, video bisa ditampilkan dihalaman profil dan juga dapat dinikmati bagi teman anda. Layanan video ini hampir sama dengan youtube.


Note


Fb juga menyertakan note, atau catatan seeprti halnya diary. Dimana catatan anda dapat dishare kepada teman anda atau orang mengujungi halaman anda. Note ini sangat cocok untuk curhat dimana teman dapat mengomentarinya.

Mobile


Facebook juga dapat dibuka di handphone anda yang memiliki fitur jaringan GPRS dari operator. Namun anda mesti terima keadaan dikarenakan tampilan FB di layar HP dengan tampilan FB di PC sangatlah berbeda. Perbedaannya diantaranya yakni tidak adanya fitur chat, tidak bisa memainkan game di FB atau menggunakan fitur lainnya. Oleh karena itu vendor perusahaan mobile seperti Blackberry menyertakan fitur FB untuk membuka facebook.

Privasi


Privasi di FB tergolong sangat bagus, dengan fitur privacy setting yang ditawarkan FB memungkinkan user untuk mengedit siapa saja yang boleh melihat profil. Sistem Hidden.

Hack

Keamanan pada facebook masih sangat kuat, hingga saat ini masih dikatakan belum ada yang bisa ngehack Facebook. Namun, didalam memalsukan data profil member FB kerap terjadi. Dimana hacker kerap membuat applikasi situs yang menyerupai FB namun itu bukan situs resmi facebook. Nah bagi rekan-rekan Facebook agar kiranya berhati-hati didalam melaksanakan login di FB. Pertama perhatikan alamat resmi facebook jika seperti www.facebook.com , namun jika beralamat lain itu pada navigasi browser agar sekiranya berhati-hati, mungkin saja itu Facebook yang diprogram khusus untuk mengambil id dan password member FB.
StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar: