JavaScript is required to view this page. Love Blogspot Tutorial Buat Blog

Love Blogspot Tutorial Buat Blog

Teman Kerja ku bertanya, bagaimana sih cara membuat blog di Internet. Lantas aku jawab buat saja dan persiapkanlah. Ada beberapa cara untuk membuat blog. Dan caranya cukup simpel kok, lantas katanya tolong di uploud di blog kamu biar aku coba dari sini.
Padahal banyak caranya, ya sudah aku uploud deh semoga bermanfaat.

Pertama apa sih Blog itu ?

Blog adalah "Homepage" atau “Web log” merupakan salah satu aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web. Tulisan-tulisan tersebut seringkali diurut dari yang terbaru dan diikuti oleh yang lama.

Blog awalnya dibuat adalah sebagai catatan pribadi yang disimpan secara online atau disebut dengan Homepage, namun kini isi dari sebuah blog sangat bervariatif ada yang berisi tutorial, artikel, berita, curhat, bisnis dan lain-lain. Secara umum, blog tidak ada bedanya dengan situs-situs yang ada di internet.

Program interface atau tatap muka di buat sedemikian rupa oleh para designer blog, hal itu bertujuan untuk mempermudah bagi penggunanya, sesuai prinsip pengetahuan komputer mempermudah sebuah applikasi yang diciptakan kepada para pengguna. Bayangkan kalau sebuah komputer berjalan tanpa sebuah tatap muka flatform, tentunya seluruhnya adalah sebuah baris bilangan matematika yang rumit, bahkan diantaranya juga telah menjelma sebagai kode-kode pemrograman. Dulu, seseorang untuk membuat aplikasi web itu diperlukan pengetahuan tentang bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS, ASP, Perl dan lain sebagainya, dan kini dengan kehadiran blog yang ditawarkan blogspot dan lain sebagainya, segala sesuatunya menjadi mudah, untuk itu terima kasih dong sama Google raksasa dunia Internet.

Yup, sekarang kita langsung saja pada tahap cara membuat blog di blogspot. Blogspot milik google, jadi kalau sudah membuat account ID di Gmail, sama aja di Blogspot.
Apa sih Blogspot ? blogspot adalah penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini.

Blog yang kita buat disini berupa nama domain yang akan anda dapatkan berupa sub domain dari blogspot, misalnya : Abdillahdigo.blogspot.com atau Contohsaja.blogspot.com, seperti itulah.

Kenapa harus membuat blog di blogger.com bukan pada situs penyedia blog lainnya? Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, semuanya kembali kepada anda. Menurut saya terdapat banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Sebagaimana responden kawan yang menyatakan bahwa dengan membuat blogg di blogger, kita bisa bekreasi sedemikian rupa melalui seni yang kita miliki, kemampuan bahasa pemrograman yang kita kuasai. Beberapa contoh kelebihan blogspot lainnya di banding yang lain yakni mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan contohsaja.blogspot.com di ubah menjadi contohsaja.com, sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.

Perlu ditekankan dari awal bahwa internet itu sifatnya sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogspot ini akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat di blogger.com


Membuat Email

Untuk membuat sebuah blog, pertama yang dilakukan adalah mendaftar di situs resminya di www.blogger.com, atau kalau sudah memiliki account di gmail, langsung saja kunjungi situsnya. Pasalnya, Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda wajib memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger artinya anda sudah mendaftar di Gmail. Jika anda belum paham bagaimana cara membuat email, silahkan gunakan mesin pencari google untuk mencari panduannya.


Daftar Blog di blogger

1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan atas, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah dimengerti. Langsung saja login dengan menggunakan username serta password gmail anda ( akun email anda bisa untuk login ke blogger). Seperti contoh dalam gambar,



login blogger.

Selanjutnya, Klik tombol bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA seperti pada gambar dibawah ini.


ciptakan blog anda

Setelah itu dilanjutkan dengan mengisi nama judul blog serta alamat blog yang di inginkan. Ingat! dalam membuat alamat blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi, karena hanya berlaku satu kali (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan, masukkan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat blog yang diinginkan masih tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan LANJUTKAN.

nama-blog

Terus silahkan pilih template yang anda sukai ( template ini nanti bisa diubah lagi kapan saja anda mau), kemudian klik LANJUTKAN.

pilih template di blogger

Setelah diatas dilakukan maka timbulah tulisan “Blog Anda Sudah Jadi!”. Silahkan lanjutkan dengan klik tombol MULAI BLOGGING.

mulai blogging
memulai Blogging dengan masuk ke post editor, silahkan isi apa saja ( disarankan untuk langsung mengisi posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan di lock). Contoh : hello world. Klik Tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke publik.


terbitkan entri

Lalu Klik “Lihat Entri” untuk melihat blog anda. Berikut contoh tampilan blog yang tadi di buat.


9. Selesai.

Untuk tahap awal, blog anda sudah jadi dan bisa diakses dimana saja. Untuk pembahasan lebih dalam tentang bagaimana blogging dengan blogger, Silahkan bekreasi dan cari sendiri. (Sumber Dari Blogspot dan Beberapa Sumber)
StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar: